PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila | lembarislam.com


Hi semoga sobat lembarislam.com dalam keadaan sehat serta dalam lindungan Allah SWT, dalam Berita kali ini saya akan membahas tentang PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila , pembahasan dalam Berita PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila akan saya buat secara singkat,padat dan jelas intinya, semoga Berita PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila, semoga berita PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila dapat menambah wawasan sobat lembarislam.com,jangan lupa tinggalkan komentar, saran masukan sobat lembarislam.com sangat berarti untuk kemajuan website lembarislam.com.

Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila

LembarIslam.com – Dilansir dari JawaPos.com,Nahdlatul Ulama (NU) menegaskan tidak ada perbedaan antara dasar negara Pancasila, Nasionalisme dengan Islam. Ketiganya saling menguatkan untuk kemajuan bangsa.

“NU berdiri karena Indonesia seperti disinyalir oleh pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari yang menyatakan agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Nasionalisme adalah bagian agama dan keduanya saling menguatkan,” ujar Wakil Sekjen PBNU Sulthonul Huda di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu (30/5).

Selama ini, Sulthonul melihat yang menjadi pijakan NU dalam memahami prinsip-prinsip dan kondisi di Indonesia yaitu banyaknya kebudayaan yang tersebar di kepulauan, suku, dan bahasa.

“Islam sendiri muncul pada generasi ke-3 sejarah Nusantara. Agama pertama yang datang adalah Hindu, Buddha, Islam, baru kemudian Kristen,” jelasnya.

Sulthonul memberikan pandangannya atas paham radikalisme atau fundamentalisme agama yang berasal dari Islam Transnasional/Timur Tengah. Dia menjelaskan negara-negara Islam di Timur Tengah dibentuk dari kepentingan negara-negara imperialis Barat seperti Inggris dan Perancis.

Berbeda hal dengan pembentukan negara Indonesia, lanjutnya, di mana kelompok Islam dan nasionalis berjuang membebaskan diri dari penjajahan kolonial Barat.

Lebih lanjut, dia mengatakan orang-orang atau kelompok yang mengaku wakil Islam itu sama sekali bukan orang-orang yang turut mendirikan Indonesia. Melainkan Islam yang ikut mendirikan Indonesia adalah NU dan Muhammadiyah.

Terima Kasih sudah membaca berita PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila , Semoga sobat lembarislam.com dapat membuka pengetahuan sobat lembarislam.com sekalia dalam mencari ilmu,apabila ada kekurangan dalam berita tentang PBNU: Islam tidak Bertentangan dengan Pancasila, Mohon di maafkan,karena seyogianya penulis hanya seorang manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, terima kasih.


Tag : #islam #lembarislam #muslim #allah #quran #islamicquotes #muslimah #sunnah #islamic #hijrah #dakwah #dua #allahuakbar #deen #hijab #love #makkah #indonesia #namaz #ramadan #instagram #m #muhammad #prophetmuhammad #alhamdulillah #kuran #jannah #k #islamicreminders #quotes #islamicpost


Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama