Kota Semarang Masih Menjadi Bagian dari Kerajaan Mataram Kuno

👋 Selamat Datang di Bloog ⚜KATA KATA HIKMAH. BACA dan Beri komentar Positif 📝 📮 !.Semoga Artikel yang Kami Sajikan Bisa Bermanfaat 🙏

Sejarah Kota Semarang

( Kota Semarang Masih Menjadi Bagian dari Kerajaan Mataram Kuno )

KATA KATA HIKMAH ⚜ ~Kota Semarang di pantai utara pulau Jawa berasal dari abad ke-6, ketika Pragota, juga bagian dari kerajaan kuno di Indonesia, adalah wilayah pesisir kerajaan Mataram kuno. Luas wilayah dengan total 373,70 km3 memiliki 2 juta jiwa. Ini menjadikannya kota keenam di Indonesia dengan jumlah penduduk tertinggi dan setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan, kota terbesar di Indonesia. Di masa lalu, kota Semarang adalah kota pelabuhan yang besar dan berkembang selama era kolonial Belanda dan masih merupakan area utama untuk urusan maritim.

Baca juga : Kesaktian Pancasila , KITA UNTUK INDONESIA MAJU



Sejarah Semarang di Kerajaan Indonesia lama


Sejarah awal berdirinya kota Semarang dimulai pada masa ketika daerah ini masih menjadi bagian dari kerajaan Mataram kuno. Pada saat itu, wilayah Semarang, yang masih dikenal sebagai Pragota, adalah daerah pelabuhan khusus, di depannya adalah sekelompok pulau-pulau kecil yang mulai bersatu dan membentuk daratan karena sedimentasi. Bagian ini kemudian menjadi daerah yang lebih dikenal sebagai Semarang Bawah. Pelabuhan yang dulunya besar ini diperkirakan berada di daerah Pasar Bulu saat ini dan meluas ke daerah Pelabuhan Simongan, di mana Cheng Ho 1435 pernah menumpahkan kapal dan armadanya. Pada titik ini, Cheng Ho juga membangun masjid dan kuil, yang masih aktif dikunjungi oleh masyarakat dan bernama Kuil Sam Po Kong, yang berarti “bangunan batu”.

Pangeran Made Pandan (Sunan Pandanaran I) tiba-tiba digunakan oleh Kerajaan Demak pada akhir abad ke-15 sebagai penyebar agama Islam. Ketika Made Panda tiba, wilayah Pragota tempat dia berkhotbah menjadi semakin subur seiring waktu. Selama masa subur ini, sebuah pohon asam dengan warna seperti arang, yang orang Jawa disebut Asem Arang, muncul, dan ini menyebabkan Pragota mengganti namanya menjadi Semarang, meskipun pada awalnya hanya sebutan atau nama panggilan untuk daerah tersebut. Pendiri desa pertama di wilayah ini, Made Pandan, bernama Kyai Ageng Pandan Arang I dan diangkat sebagai Direktur Regional. Ketika dia meninggal, kepemimpinan mengubah tangan putranya dan menerima gelar Pandan Arang II dan kemudian gelar lainnya seperti Sunan Bayat, Ki Ageng Pandanaran, Sunan Pandanaran II atau bahkan hanya Sunan Pandanaran.

Perkembangan Semarang selama masa pemerintahan Pandan Arang II mulai berubah secara dramatis, dan perubahan ini menarik perhatian salah satu pejabat Pajang, Sultan Hadiwijaya. Mengingat daerah Semarang telah memenuhi persyaratan untuk perbaikan daerah. Semarang kemudian diangkat sebagai bupati pada 2 Mei 1547, bertepatan dengan ingatan akan hari ulang tahun Nabi Muhammad. Ratifikasi Sultan Hadiwijaya atas daerah tersebut menjadi Kabupaten setelah lama berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga, yang kemudian dinyatakan pada 2 Mei sebagai hari berdirinya kota Semarang.

Pada 1678, yang berasal dari Mataram Amangkurat II berjanji untuk memberikan VOC Semarang. Perjanjian ini dibuat oleh Amangkurat untuk melunasi utangnya. Hingga tahun 1705, Semarang sebenarnya diberikan sebagai hadiah kepada VOC, setelah membantu Pakubuwono I menangkap Kartasutra. Sejak saat itu Semarang menjadi kota yang dimiliki oleh VOC, yang kemudian menjadi pemerintah Belanda di Hindia Timur. Pada tahun 1906 oleh Stanblat No. Setelah membentuk pemerintahan kota besar dengan Burgemeester sebagai pemimpin, ia terus mengikuti Belanda sebelum kepemimpinannya berakhir pada tahun 1942 karena Jepang tiba di Indonesia.

Baca juga : FILSAFAT DIBALIK TEMBANG MACAPAT , artikel , Siro Ingkang Sinuwun Kanjeng Sunan Kalijaga ꦱꦸꦤꦤ꧀ꦏꦭꦶꦗꦒ

Kebijakan yang telah diterapkan oleh kota Semarang akhirnya berubah setelah dimulainya pendudukan Jepang di Indonesia, karena kepemimpinan regional diubah dari Jepang menjadi di bawah kepemimpinan militer Jepang (Shico) di perusahaan dua perwakilan (Fuku Shico Salah satunya adalah orang Jepang dan yang lain adalah orang dari Indonesia. Tak lama setelah Deklarasi Kemerdekaan 15-20 Oktober 1945, beberapa tentara Jepang di Semarang bersikeras untuk tidak mengalihkan kendali kota ke pasukan kemerdekaan. Akhirnya, perang, yang disebut pertempuran lima hari, merenggut beberapa korban, dan salah satu dari mereka yang meninggal adalah seorang dokter muda berbakat bernama Dr. Kariadi dulu. Tokoh penting dalam perang ini adalah:

DR. Kariadi
Dokter muda yang bermaksud memeriksa cadangan air ketika muncul berita bahwa Jepang berencana untuk meracuni cadangan air. Dia masih ingin pergi, meskipun istrinya telah meminta untuk tinggal di rumah.
Tuan Wongsonegoro Pada saat ini, Bapak Wongsonegoro adalah gubernur yang dipilih untuk wilayah Jawa Tengah. Dia ditangkap oleh pasukan Jepang. Dr. Sukaryo & Sudanco Mirza Sidharta
Mengirim perwakilan untuk menjembatani gencatan senjata.
Keduanya bersama dengan Tuan Wongsonegoro lebih lanjut menjadi korban penangkapan Jepang. Mayor Kido Pemimpin Kidobutai saat itu yang merupakan Pusat Kidobutai di Jatingaleh. Kasman Singodimejo Jenderal Nakamura
Tahanan jenderal TKR di Magelang.

Kisah berdirinya kota Semarang adalah bagian dari sejarah Indonesia, meskipun merah darah karena pertempuran selama lima hari. Untuk memperingati kejadian itu, Tugu Muda dibangun untuk mengingatkan masyarakat Semarang tentang peristiwa perang masa lalu. Monumen ini dibangun pada 10 November 1950 dan diresmikan pada 20 Mei 1953. Next>>>


Semoga bermanfaat.

Baca juga Artikel : 

Tawasul dan Istighotsah dengan Orang yang telah Meninggal Dunia



Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama