Dapatkan Pendidikan Layak, Ini Cara Membuat Kartu Indonesia Pintar ( KIP )


Dapatkan Pendidikan Layak, Ini Cara Membuat Kartu Indonesia Pintar

Dapatkan Pendidikan Layak, Ini Cara Membuat Kartu Indonesia Pintar Pemerintah membuat Program Indonesia Pintar (PIP), sebagai langkah pemberian pendidikan yang layak pada anak. 

Karena itu, Kita perlu tahu bagaimana cara membuat Kartu Indonesia Pintar (KIP). 

 Setiap anak di Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. 

Hal ini ditulis pada Undang-undang No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Pasal 60: "Setiap anak berhak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya sesuai dengan minat, bakat, dan tingkat kecerdasannya." 

 Berikut ini informasi yang perlu diketahui tentang Program Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Mengutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 


 Pengertian Kartu Indonesia Pintar (KIP) Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (usia 6 - 21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, dan rentan miskin yang termasuk: Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Yatim piatu Penyandang disabilitas Korban bencana alam/musibah PIP merupakan kerja sama tiga kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag). 

Sasaran dari Program Indonesia Pintar Ada beberapa kelompok yang menjadi sasaran pengguna Program Indonesia Pintar dan perlu mengetahui cara membuat Kartu Indonesia Pintar, diantaranya adalah: Peserta didik pemegang KIP; Peserta didik dari keluarga miskin/rentan miskin dengan pertimbangan khusus; Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman. Dana PIP ini dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi. 

 Sementara, KIP diberikan sebagai penanda/identitas penerima bantuan pendidikan PIP. Kartu ini memberi jaminan dan kepastian kepada anak-anak usia sekolah agar terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. 

 Penting dicatat, bahwa setiap anak yang menjadi penerima bantuan pendidikan PIP hanya berhak mendapatkan 1 (satu) KIP. 

 Cara Membuat Kartu Indonesia Pintar Ada berkas-berkas yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP): Kartu Keluarga (KK) Akta Kelahiran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau SKTM apabila tidak memiliki KKS Rapor hasil belajar siswa Surat pemberitahuan penerima BSM dari Kepala Sekolah/Madrasah Jika sudah menyiapkan berkas, selanjutnya berikut ini langkah-langkah untuk membuat Kartu Indonesia Pintar: Siswa dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) orang tuanya ke lembaga pendidikan terdekat. 

Jika tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW dan Kelurahan/Desa terlebih dahulu agar dapat melengkapi syarat pendaftaran. 

 Setelah itu, sekolah/madrasah akan mencatat data siswa calon penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk dikirim/diusulkan ke Dinas Pendidikan/Kementerian Agama kabupaten/kota setempat.  

Dinas pendidikan atau Kementerian Agama kabupaten/kota mengirim data/rekapitulasi pengajuan calon penerima KIP ke Kemendikbud/Kemenag. 

Nantinya, sekolah akan mendaftarkan calon peserta KIP ke aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Sekolah yang berada dalam naungan Kemendikbud wajib memasukan data calon penerima KIP dalam dapodik. 

Kemendikbud/Kemenag akan mengirimkan KIP kepada calon penerima KIP yang lolos seleksi. 

Fasilitas yang Didapat dari Kartu Indonesia Pintar Jika Si Kecil sudah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, maka selanjutnya penting mengetahui berapa besaran dana yang didapatkan pengguna PIP: 

Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun; Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun; Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun. 

 Begitulah, penjelasan tentang Program Indonesia Pintar dan cara membuat Kartu Indonesia Pintar yang bisa dilakukan. Cloud Hosting Indonesia PHP Dev Cloud Hosting
loading...

Posting Komentar

semoga bermanfaat

Lebih baru Lebih lama